BANJARNEGORO SID, Dalam menyambut bulan suci ramadhan di masyarakat luas identik dengan padusan, namun ada bentuk padusan unik yang dilakukan oleh warga Dusun Dawung Desa Banjarnegoro yaitu dengan "BAJONG BANYU" atau dalam bahasa Indonesianya adalah perang air.

Prosesi Bajong Banyu ini dimulai dengan mengambil air di sendang kedawung dengan dimasukan ke dalam kendi, kemudian kendi yang sudah berisi air diarak menuju lapangan tengah - tengah dusun yang jaraknya sekitar 100 meter dengan di kawal pasukan bergada serta warga sekitar, tokoh masyarkat serta perangkat desa yang kesemuanya memakai pakaian adat jawa.

setelah sampai di tengah - tengah lapangan dusung prosesi dilanjutkan dengan saling melempar air yang sudah dikemas di dalam kantong plastik. Walaupun baju mereka menjadi basah namun tidak mengendurkan semangat warga dalam melaksanakan prosesi ini, karena kepercayaan warga setempat dengan basahnya tubuh mereka menandakan bahwa kesalahan dan kekilafan setiap warga menjadi lebur, sehingga ketika menjalankan ibadah puasa nanti hati, pikiran dan perbuatan mereka sudah bersih.

Namun selain untuk mensucikan diri sebelum menjalankan ibadah puasa kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kepada warga sekitar bahwa di wilayah mereka ada sumber mata air yang dulunya menjadi sumber kehidupan jauh sebelum PDAM ada, sehingga perlu adanya kesadaran warga sekitar untuk menjaga kelestariannya.

Bagaimana keseruan dari Prosesi Bajong Banyu ini bisa kalian saksikan dalam Video di bawah ini yang sudah diliput oleh kompas TV.